7 Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

7 Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

investasi saham pemula

Panduan Investasi Saham Untuk Pemula – Istilah investasi saham ini mulai populer di era 2010-an. Hal ini dipicu oleh pemerintah yang mengusung investasi. Fakta di lapangan investor saham di Indonesia masih sangatlah minim. Sekitar 1 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Untuk itu investasi saham terus digaungkan oleh pemerintah.

Namun demikian masih banyak orang yang terjebak dengan istilah menabung saham. Mereka menganggap bahwa investasi saham adalah sama dengan menabung di bank konvensional. Dua hal ini sangatlah berberda. Saat nilai saham mengalami penurunan biasanya para investor akan merasa panic. Untuk itu kita akan membahas cara investasi saham yang benar untuk pemula.

Apa sih saham itu?

Saham merupakan sebuah surat berharga sebagai bukti kepemilikan perusahaan. Sehingga jika kita memiliki saham tersebut, maka kita berkesempatan untuk memiliki perusahaan sesuai dengan saham yang kita beli.

Kita juga memiliki hak untuk menerima keuntungan dari hasil usaha perusahaan yang sudah kita beli sahamnya. Biasanya setiap perusahaan akan membagikan hasil usahanya setiap tahun. Ini merupakan keuntungan yang jarang diketahui. Namun demikian investasi saham tetap berbeda dengan tabungan atau deposito.

Perbedaan yang paling dapat kita rasakan adalah harga perlembar saham yang kita beli bisa mengalami kenaikan harga, namun dapat juga mengalami penurunan. Tergantung dengan kondisi pasar menghargai perusahaan tersebut. Jika memiliki harga yang mahal harga saham perusahaan juga akan naik. Mirip dengan emas, tetapi fluktuasinya tinggi.

Langkah pertama untuk masuk ke dalam pasar modal.

Tidak semua orang mengerti tentang pasar modal. Biasanya alasanya adalah dana yang minim. Sama dengan tabungan kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu ke sekuritas untuk menjadi nasabah. Nantinya baru dapat memperoleh aplikasi buat jual beli saham.

Sekuritas yang diseleksi yang telah terdaftar di OJK, jika kami merekomendasikan yang banyak dipakai orang saja, sebab berarti teruji pelayanannya baik. Semacam Mandiri Sekuritas,, ataupun yang yang lain.

Dana pertama yang disetor bergantung sekuritas yang digunakan, terdapat yang cuma satu juta rupiah. Pengalaman kami di BNI Sekuritas 5 juta rupiah. Terdapat yang lebih besar dari itu, terdapat yang lebih kecil.

Sehabis mendaftar serta menyetor, baru setelah itu dapat belanja saham di pasar modal. Tetapi yang pantas dicermati, terdapat 600- an industri, nah Kamu milih yang mana, ini merupakan jadi perihal sangat berarti buat metode menabung saham bagi pemula.

Cara memilih saham bagi pemula

Jika kita masih awam, bingung dalam memilih saham yang ingin dbeli, baiknya kita lebih dalam untuk mencari pengetahuan tentang indeks pilihan, seperi LQ45, ini merupakan  tiang utama untuk IHSG. Memiliki kapitalisari yang besar naik turunya tidak drastic. Adapun kompas 100, dapat kita jadikan sebagai pilihan kedua yang memiliki 100 emiten jadi kita mendapat lebih banyak pilihan. Saran kita pilihlah perusahaan yang kegitan usahanya dapat kita pahami.

Cara investasi saham bagi pemula

Bagaimana cara investasi saham bagi pemula? Jika kita sudah memiliki akun sekuritas tidak langsung dapat membeli saham. Baiknya kita pikirkan terlebih dahulu saham mana yang akan kita beli. Terlebih jika kita memiliki uang yang besar untuk berinvestasi.

Harga saham pasti mengalami kenaikan dan tak kala juga mengalami penurunan. Jika anda tidak kaget saat harga turun, anda cocok untuk masuk ke dalam bidang ini. namun jika anda orang yang panic maka kami sarankan untuk belajar terlebih dahulu agar lebih siap saat turun langsung dalam dunia saham

Menganalisa Faktor Teknikal Saham

Arti dari analisa faktor terknik ini mengarah kedalam riwayat harga. Ini merupakan cara investasi saham bagi pemula. Jika riwayar harganya sedang tinggi maka jangan langsung di beli. Investasi saham yang demikian banyak yang mengecewakan.

Carilah saham perusahaan yang bagus tetapi memiliki harga yang murah. Ini dapat kita temukan dalam Price Book Value, istilahnya perusahaan yang aslinya mempunyai harga 100 perlembar saham dihargai dengan 50 perlembar. Ini yang bisa kita beli.

Nikmat investasi saham

Jika kita memang benar-benar berinvestasi saham, maka jangan sering sering kita melihat pasar modal, karena dapat membuat kita memiliki pikiran jelek, panic dan tidak jarang menjualnya dalam harga yang turun. Dalam setiap tahunya kita akan mendapatkan deviden. Biasanya tergantung dengan prosentase saham yang kita punya. Misalkan kita memiliki 1 milyard saham dan perusahan yang kita miliki mendapat keuntungan sebesar 3%. Maka kita akan mendapatkan 30 juta pertahunya. Namun jangan untungnya saja yang dipikirkan ya. Ruginya juga harus kita prediksi agar semua berjalan seimbang.

Semoga bermanfaat, semangat mencoba 