5 Cara Membuat HP Android Menjadi Lebih Ringan Anti Lemot

5 Cara Membuat HP Android Menjadi Lebih Ringan Anti Lemot

Salah satu penyebab menurunnya kinerja HP adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan menyebabkan memori HP penuh.

Saat selalu error ataupun terlalu lama loading pengguna pasti akan kesal, apalagi ada pekerjaan yang harus cepat selesai.

Cara membuat HP Android menjadi lebih ringan bisa dilakukan dengan beberapa hal yang pastinya mampu membuat HP lancar kembali.

Jika HP yang dipakai sudah melewati batas pemakaian sekitar 2-3 tahun maka performanya pasti akan menurun. Pengguna tidak perlu ganti HP baru, lakukan beberapa tips di bawah agar performanya bisa lancar kembali.

Juga hindari hal-hal yang dapat menurunkan kinerja HP. Berikut beberapa cara membuat HP Android menjadi ringan kembali:

Pakai Aplikasi Anti Virus

Biasanya aplikasi anti virus sudah ada pada HP Android seperti Samsung. Untuk pengguna Samsung sebaiknya jangan menginstal kembali aplikasi anti virus karena itu akan sia-sia dan hanya memenuhi memori penyimpanan HP saja. Pengguna hanya perlu mengaktifkan antivirus bawaan tersebut agar bisa menghalau malware yang masuk ke perangkat.

Untuk Android yang belum memiliki aplikasi anti virus sebaiknya download aplikasi anti virus yang aman dan legal. Aplikasi ini bisa membantu mengurangi sampah-sampah yang ada pada HP Android. Dengan begitu memori HP bisa memiliki ruang kembali untuk performa yang lebih lancar.

Lakukan Update Software

Mengupdate software aplikasi yang dipakai dapat meringankan pergerakan HP saat digunakan. Aplikasi yang di update biasanya akan mendapat penyempurnaan agar performanya tidak lambat. Dengan update aplikasi ataupun update sistem software dapat mengurangi kapasitas memori sehingga ponsel dapat berjalan lebih leluasa.

Cara mengetahui apakah software tersebut harus diupdate yaitu dengan cara melihat ke setting HP. Di sana akan terdapat notifikasi update aplikasi terbaru. Untuk yang suka bermain game sebaiknya selalu cek update aplikasi game tersebut. Karena aplikasi game bisa memakan banyak ruang dengan ukuran filenya yang besar.

Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Banyaknya aplikasi yang diunduh membuat HP menjadi error. Aplikasi yang tidak dipakai ini akan memenuhi RAM HP Android. Karena itu cara membuat HP Android menjadi lebih ringan yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak atau jarang digunakan ini.

Langkah ini benar-benar akan membuat RAM memiliki banyak ruang kosong. Dengan begitu ponsel menjadi lebih lancar dan jarang error saat digunakan. Langkah ini juga akan membuat HP Android tidak mudah panas saat digunakan.

Lakukan Pembersihan secara Berkala

Terlalu banyak menumpuk hal yang tidak berguna akan membuat banyak HP sering error. Jalan keluar dari permasalahan ini yaitu dengan membersihkannya secara berkala agar kinerja HP lebih lancar.

Selain membersihkannya pengguna juga bisa memindahkan file yang besar ke wadah lain untuk memberikan ruang yang lebih luas.

Langkah ini bisa dilakukan setelah menggunakan ponsel agar jendela ponsel lebih bersih. HP Android juga tidak akan mudah panas jika pembersihan ini dilakukan secara berkala. Pembersihan ini juga bisa dilakukan pada aplikasi yang memiliki ukuran file yang besar.

Gunakan Factory Reset

Jika memori HP Android sudah benar-benar penuh dan sudah melakukan banyak pembersihan namun kinerja HP tetap lambat gunakanlah cara ini. Factory reset digunakan agar ponsel kembali pada setelan pabrik. Pastikan data penting telah disimpan pada memori lain agar tidak hilang saat HP di-reset.

Cara ini menjadi jalan terakhir agar HP Android yang digunakan memiliki ruang yang benar-benar kosong. Jadi jangan lakukan cara ini apabila file dan data penting yang ada di HP belum dipindahkan.

Sebaiknya sebagai pengguna selalu pantau kinerja HP agar hal-hal seperti HP error tidak terjadi. Selalu bersihkan ponsel setelah digunakan atau setiap jam sekali agar ponsel berjalan lancar. Dan perhatikan juga saat charger HP jangan sampai baterai habis baru di-charge karena hal ini dapat membuat HP lambat.