Emas Atau Saham | Investasi Jangan Bingung

Emas Atau Saham | Investasi Jangan Bingung

Memilih investasi emas atau saham adalah merupakan pilihan yang sulit bagi siapa saja yang sudah mempersiapkan uang untuk investasi. Hal ini terjadi karena emas dan saham adalah salah satu cara investasi yang sangat menjanjikan untuk di lakukan.

Emas atau Saham? Manakah yang lebih baik?

Mari kita simak penjelasan di bawah ini tentang investasi emas atau saham.

Sifat Dasar dari Emas dan Saham

Emas tegolong safe heaven atau alat penyimpanan yang tegolong paling aman dalam dunia investasi. Aman dari segala sisi kecuali dalam hal penyimpananya. Jika kita tidak memiiki tempat penyimpanan yang aman, maka rasa was was untuk menyimpan emas akan terus terjadi.

Aman dar sisi nilai yang terkandung dalam emas adalah tetap. Jadi kiranya kita membeli seekor kambing senilai 2.5 gram emas, maka hingga kapanpun rata-rata harganya disekitar itu saja.

Namun untuk saham berbanding terbalik. Saham merupakan alat penyimpanan yang paling tidak aman. Tidak aman dalam hal pencurian ya, tetapi dari segi nilai yang sangat fluktuatif dari pergerakanya. Hal ini sangat berpengaruh dengan kondisi global bahkan juga kondisi saham itu sendiri.

Dari perbedaan ini lah kita dapat menarik kesimpulan bahwa emas memiliki nilai yang tetap dan saham yang sifatnya fluktuatif.

Waktu Yang Pas Berinvestasi

Pada saat ini persoalan waktu investasi. Tentu keduanya akan menghasilkan sebuah perbandingan yang sangat berbeda. Emas mempunyai waktu investasi yang tepat di saat ekonomi sedang stabil. Karena dalam kondisi ini emas cenderung stagnan.

Saat kita menjualnya pastikan perekonomian global sedang berada di titik nadir. Sama seperti saat ada wabah, krisis, perang atau yang lainya yang dapat membahayakan. Pada saat-saat seperti ini harga emas akan meroket.

Sedangkan saham berbanding terbalik. Saat ekonomi mengalami penurunan, saat itu juga adalah waktu yang tepat untuk membeli saha,. Karena biasanya harga saham jatuh sejatuh-jatuhnya.

Warrant Buffet pernah mempraktekan keberhasilan profit saham karena banyak menyimpan uang untuk membeli saham disaat terjadi krisis. Sehingga ia bisa mendapatkan harga terendah dari beberapa saham.

Pada saat menjualnya dia menunggu saat kondisi perekonomian mulai stabll. Disini biasanya harga saham cenderung akan naik hingga mendapatkan posisi yang paling tinggi. Sehingga selisih saat kita membeli saham dan menjualnya juga akan terpaut besar.

Tips Menabung Emas dan Saham

Untuk cara menabung emas dan saham adalah 2 hal yang berbeda. Untuk mebeli emas tentunya kita tidak bisa untuk membeli sebagian saja. Meskipun sekarang sudah banyak penyedia jasa yang menyediakan kredit untuk memiliki emas. Namun kita tidak lansung dapat memiliki emas tersebut.

Kita harus memiliki uang untuk satu gram emas pada saat akan membeli sebuah produk dari ANTAM. Itu juga belaku jika emas itu tersedia. Karena biasanya emas murni bermula dari ukuran 5 gram yang harganya bisa kita umpamakan sekitar 50 jutaan.

Berbeda dengan emas, saham tergolong lebih mudah dalam pembelianya. Kita dapat menyicil untuk mempunyai saham. Bisa kita membeli saham dengan harga paling rendah. Dan jika ada uang lagi kita bisa menambah lembar demi lembar yang jika terkumpul akan menjadi saham yang utuh.

Kerugian dalam investasi emas dan saham

Saat kita berinvestasi sebelumya kita harus merubah mindset kita yang hanya mengerti bahwa investasi itu akan mengalami keuntungan, Hal ini adalah pemikiran yang salah besar. Bahkan emas jika kita simpan dalam waktu sebentar saja, kita akan mendapat kerugian sekitar 6% maka jika berinvestasi emas hendaklah berinvestasi dengan jangka waktu yang panjang.

Kelemahan saham adalah nilainya sangat fluktuatif. Bisa mengalami penurunan hanya dalam waktu tertentu dan dapat juga naik dalam waktu sekejap saja. Nilai saham dapat berkurang hingga 50% dalam satu bulan merupakan hal yang sudah biasa dalam dunia saham. Ini merupakan hal yang berbahaya. Namun dalam saham, kita kita mengerti lika-liku saham pasti anda akan terbiasa.

Jadi pilih Emas atau Saham?

Untuk pilihan investasi tentunya sesuaikan dengan modal dan waktu anda. Jika kita memiliki modal yang cukup dan mengerti momentum yang sedang terjadi kita dapat membelikan emas. Saat kita tidak mempunyai modal yang banyak dan kondisi perekonomian dunia sedang tidak baik maka beli lah saham.

Semoga bermanfaat semangat mencoba