Istilah Penting Dalam Dunia Saham

Istilah Penting Dalam Dunia Saham

Istilah Penting Dalam Dunia Saham – Kita harus memahami istilah yang ada dalam dunia saham sebelum kita terjun langsung ke dunia pasar modal. Penting untuk kita dalam mengetahui mendan perang dan bagaimana kondisi yang ada sebelum memastikan untuk memulai peperangan. Betul begitu?

Istilah yang ada dalam dunia saham dapat menyelamatkan kita dari kesalahan ringan hingga kesalahan berat yang berujung dengan kerugian.

Istilah dalam dunia saham sangat penting untuk kita ketahui karena jika kita sudah mengetahui beberapa istilah nya maka kita tidak akan kebingungan saat ada berita tentang dunia saham yang beredar.

Apa saja sih istilah dalam saham?

Berikut kamu akan memberikan beberapa istilah penting dalam dunia saham yang perlu kita ketahui saat ingin terjun di dalam dunia saham.

Saham Gorengan

Para pemula nampaknya belum begitu mengerti tentang istilah saham gorengan. Saham gorengan sendiri berarti saham yang harganya di permainkan oleh seseorang atau kelompok tertentu.

Mereka seolah-olah memegang control atas naik turunya harga saham. Sehingga kita harus hati-hati dalam memilih sebuah saham. Jangan sampai kita membeli saham yang berjenis seperti ini.

Saham gorengan juga sering disebut dengan small cap atau saham lapis ke 3. Saham seperti ini biasa memiliki volatilitas yang sangat tinggi berbanding terbalik dengan kapitalis pasarnya yang rendah. Biasanya hanya berkisar di bawah 500 milyar.

Jika kita sudah memahami persoalan candle light atau kurva naik turun dari harga saham, saham ini dapat kita jadkan pilihan untuk melakukan trading. Tetapi jika untuk berinvestasi nampaknya ini kurang cocok.

Saham Blue Chip

Istilah ini sering sekali kita dengan dan sangat populer dikalangan dunia saham. Biasanya pelaku konten creator edukasi saham akan sering menjelaskan tentang istilah ini.

Blue chip sendiri memiliki pengertian sebagai saham milik perusahaan yang sudah mempunyai tingkat kemapanan tinggi dalam pasar serta diakui secara nasional bahkan internasional. Atau banyak juga yang menyebutkan sebagai saham perusahaan yang menjual produk dan layanan yang berkualitas tinggi sehingga sangat mudah di terima oleh semua kalangan masyarakat. Contohnya adalah Indofood.

Jika kita masih bingung, singkatnya adalah saham dari perusahaan ternama, dan kapitalisasinya cukup besar dan kuat secarafundamental. Saham ini sangatlah sulit untuk digerakan.

Saham LQ45

Istilah yang paling ramai disebutkan dalam dunia saham adalah LQ45. Terkadang kita juga bertanya-tanya apa maksud dari istilah ini. LQ45 merupakan sebuah singkatan dalam saham yang berarti saham yang tingkat transaksinya ramai sebanyak 45 saham.

Sebenarnya istilah ini tidak hanya liquid saja, tetapi juga memiliki fundamental yang baik. Sehingga dapat dikatakan sebagai saham lapis satu yang sangat aman untuk dimiliki karena naik turun saham di daftar ini tentunya mempunyai alasan yang jelas dan masuk akal.

LQ45 adalah daftar yang dibuat oleh Bursa Efek Indonesia. Saham saham yang terdaftar dalam LQ45 ini adalah saham yang memiliki fundamental yang bagus dan transksi yang ramai. Untuk itu kita dapat menjadikan pilihan kepada saham yang terdaftar dalam LQ45.

Capital Gain

Capital Gain atau pendapatan keuntungan dalam investasi. Capital gain ini berbeda dengan deviden. Karea pendapatan dari istilah yang satu ini merupakan perbandingan antara saham yang di jual dengan saham yang dibeli. Jadi capital gain merupakan keuntungan yang akan kita dapat dari selisih harga beli yang rendah dengan harga jual yang tinggi.

Capital gain dapat kita temukan kapan saja selama kita melakukan transaksi jual beli saham. Berbeda dengan deviden yang bisa kita dapatkan dalam kurun waktu tertentu. Setaun atau dua tahun sekali. Jika kita adalah seorang trader, maka Capital Gain atau keuntungan ini bisa kita peroleh setiap hari.

Initial Public Offering

Kita pasti sering mendengar istilah IPO atau bahkan membaca di beberapa tempat yang membahas seputar berita saham. Tetapi kita masih bertanya-tanya apa maksud dari IPO.

IPO merupakan sebuah tawaran pertama sebuah saham perusahaan kepada public. Hal ini bermaksud sebuah perusahaan baru memutuskan untuk menjadi sebuah perusahaan terbuka.

Pada kenyataanya, tidak semua perusahaan yang berubah menjadi IPO akan memiliki harga yang rendah. Tetapi tidak semua perusahaan IPO berfundamental bagus. Maka kita perlu memperhatikan aspek-aspek pendukungnya.