Pembagian Saham Yang Baik

Pembagian Saham Yang Baik

Pembagian Saham Yang Baik Beserta Contohnya – Pembagian saham yag baik diperlukan bagi para investor. Hal ini bertujuan untuk menekan angka resiko yang tinggi dan berharap menghasilkan keuntungan yang besar.  Sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang optimal dan tentunya sesuai harapan.

Untuk itu kita akan membahas Tips dan Trik Pembagian yang benar. Tidak lupa juga kami berikan contoh agar semakin mudah dipahami bagi kita semua.

Diversifikasi saham

Diversifikasi atau Pembagian saham sangatlah populer di kalangan investor.  Terutama investor yang menerapkan konsep value investing seperti warrant Buffet. Value investing berarti jangan meletakan semua aset kita di dalam 1 keranjang. Hal ini berarti kita harus membagi aset kita ke beberapa saham.

Pembagian saham adalah susunan dari portofolio yang terdiri dari banyak sektor, bukan banyak sektor tetapi satu saham.  Pembagian saham berarti kita memiliki beraneka ragam objek investasi dalam pasar modal.

Sebagai contoh, misalkan kita memiliki 8 saham, satu saham berada di sektor industry makanan, satunya lagi berada di sektor pertambangan dan seterusnya. Bukan 8 saham ada di dalam sektor pertambangan saja.

Tujuan Pembagian Saham Ideal

Apa yang membuat Pembagian saham penting?  Bagi kita yang belum mengetahui konsep ini tentunya pernah mengalami kejadian berinvestasi di 8 perusahaan, tetapi ternyata 5 di antaranya adalah sektor otomotif. Karena pada saat pertama anda berinvestasi saham perusahaan otomotif sedang naik daun.

Tetapi kita pasti mengetahi bahwa bermain saham memiliki resiko yang besar. Tidak ada yang bisa menjamin 100%. Yang terjadi hanyalah analisa dan estimasi. Telebih jika kita bermain melawan arus dari bandar saham maka persiapkan mental anda lebih kuat lagi.

Tujuan Pembagian Saham adalah meminimalisir hal tersebut. Mari kita simak baik-baik urutan saham yang terjadi saat musim pandemic covid-19. Yang pertama adalah saham farmasi yang pada saat itu mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Kemudian saham pertambangan nikel khususnya seperti ANTM dan lainya. Lalu Sektor perbankan kecil yang begejolak karena isu digitalisasi bank kecil akan menang. Untuk itu perlu dilakukan pembagian saham yang baik.

Cara Pembagian Saham

Sebelum melakukan pembagian tentunya kita harus memahami tipe investasi yang kita ambil. Jika kita trader maka fungsi pembagian ini tidak begitu berpengaruh. Namun untuk kita yang mengambil role model investor, maka pembagian saham dapat menjadi hal yang penting.

Pada umumnya pembagian saham memiliki komposisi yang sebanding dengan resiko. Hal ini bermaksud meskipun investasi dalam pasar modal beresiko tinggi tetapi ada aspek yang lebih beresiko lagi. Maksudnya adalah saham Third Liner lebih beresiko di bandingkan dengan saham blue chip.

Saat kita memiliki uang 100 juta, maka bagi investasi kita ke beberapa sektor saham. Taruhlah 1 investasi yang paling besar. Misalkan 30% kita taruh ke dalam sektor Consumer Goods.

Nah untuk yang lain bisa kita letakan di saham third liner misalkan 5% saja. Karena dalam saham ini pergerakan grafiknya sangat tidak masuk akal.

Namun jika anda memiliki keyakinan yang kuat dalam pemilihan saham third liner polanya dapat di ubah menjadi kebalikanya. Missal yang banyak pada saham third liner dan di saham blue chip sedikit saja. Tidak masalah, tetapi semua resiko ditanggung sendiri.

Resiko Tanpa Pembagian Saham Portofolio

Jika ada pertanyaan, apakah semua tren kenaikan saham dalam satu sektor dapat terjadi secara bersamaan? Jawabanya adalah tidak.

Semua sektor saham biasanya memiliki momentum tersendiri seperti roda kehidupan yang selalu berputar. Bisa akan mengalami kenaikan secara bersamaan atau juga sebaliknya.

Yang menjadi masalah adalah ketika kita memasukan aset kita kedalam 1 sektor dan mengalami penurunan harga, dapat kita bayangkan berapa kerugian yang kita alami, bisa-bisa aset kita habis semua.

Nah aspek ini yang harus menjadi perhatian dalam pembagian saham yang ideal. Dengan harapan semuanya akan berjalan seimbang satu dan yang lainya.

Demikian pembahasan tentang pembagian saham, semoga bermanfaat.